Sabtu, 07 Januari 2017

INDAHNYA PANTAI BALEKAMBANG BERSAMA SAHABAT TERCINTA

Pantai Balekambang merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Malang yang pernah aku kunjungi. Pantai ini katanya miniatur Tanah Lot dari Pulau Dewata. Bener gak sih itu!!!. . , ternyata memang benar bahwasannya Pantai Balekambang ini menyimpan keindahan laksana Tanah Lot.  Lokasi pantai ini terletak di Dusun jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Malang. 

Tanah Lot dari Malang
Sejarah dari Pantai Balekambang sebenarnya sudah sangat terkenal, tapi hanya warga lokal sana yang mengetahuinya. Beberapa sumber dari dunia maya menjelaskan bahwa pantai ini sudah dikenal sejak 1978, cukup lama bukan . . . pada tahun 1978 ini, seseorang perangkat desa Srigonco mencoba membuka akses jalan menuju pantai ini agar orang dari luar mudah mencapainya. Ternyata respon tersebut ditindak lanjuti oleh Bupati Malang kala itu (Bapak Eddy Slamet) setelah lima tahun berlalu dan secara resmi menjadi salah satu bagian dari pariwisata Kabupaten Malang

Pesona yang ditawarkan Balekambang keren, karena memiliki pantai sepanjang 2000 meter seta lebar pantai 200 meter.  Katanya sih jika posisi air laut lagi surut kita akan mudah menjumpai berbagai macam biota laut, walaupun aku belum membuktikannya. Selain pantainya yang keren, kita bisa juga menikmati indahnya malam disana dengan membangun tenda disekitar pantai. Semilir angin dan gemercik ombak akan menemani waktu malam selama disana. 

Balekambang juga memiliki Pura layaknya Tanah Lot yang terletak di Pulau Ismoyo. Jangan khawatir kawan, lokasi pulau ini tidak jauh kok dari Pantai Balekambang yaitu di sebelah selatannya yang mepet banget. Akses menuju pulau ini sangat indah dengan cara melewati jembatan yang sudah tersedia. Jika teman-teman menyukai sesi foto waktu yang paling direkomendasikan adalah pagi hari ketika sunrise ataupun sore ketika sunset. Pasti kalian tidak akan pernah menyesal ketika mengunjungi Pantai Balekambang ini.
sunrise di Balekambang

kebiasaan yang sering aku lakukan adalah makan, oleh karena itu pasti sebelum berangkat sudah menyiapkan amunisi seperti ini.
Point terpenting ketika aku melakukan suatu wisata adalah kebersamaan yang sulit diperoleh, apalagi  jika kita sudah bekerja. Moment kumpul dan melepas penak di kepala menjadi hal yang sangat indah dalam catatan hidup. Apalagi bisa bercanda itu merupakan  hal yang sulit ditemukan dan mahal jika dinilai dengan harga.

Biasanya permasalahan yang sering dialami adalah bagaimana menuju kesananya. Ada beberapa rekomendasi yang dapat dilakukan agar bisa sampai disana, yaitu jika naik motor bisa langsung bertanya kepada google maps. Jika menggunakan kendaraan umum bisa turun di Terminal Arjosari, kemudian naik angkutan kota jurusan Terminal Gadang, lanjut lagi naik angkutan jurusan Bantur yang akan melewati kecamatan Gondanglegi dan Pagelaran.  Dari bantur ini kita bisa menyewa mobil atau naik ojek menuju Pantai Balekambang, karena akses kendaraan umum belum tersedia. Sepanjang perjalanan kita akan disuguhi oleh hutan yang lebat, tapi jangan khawatir karena aspal sudah mulus. Jika kebingungan sudah banyak petunjuk jalan yang tersedia yang dapat memudahkan kalian yang ingin mengunjungi Pantai Balekambang ini. Fasilitas publik sudah banyak tersedia seperti warung, toilet ataupun musholla. Jadi ditunggu ceritanya setelah sampai di Pantai Balekambang guesst.

5 komentar:

  1. Wah, udah jalan-jalan ke Malang nih, seru bangettttt oi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak didik, pas ada waktu, kesempatan dan sahabat....
      Jadi meluncur dah ke malang

      Hapus
  2. Wah senangnya ke Tanah Lot versi Malang. Belum pernah, semoga next time bisa berkunjung juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditunggu kunjungannya ke malang mbak, seru banget disana

      Hapus