Rabu, 20 April 2016

Peringatan Hari Kartini untuk Bangsa Indonesia

Hari ini adalah 21 April 2016 dimana diperingati sebagai hari kartini. Kartini adalah sosok wanita Indonesia yang banyak mengispirasi dan merupakan tokoh perjuangan bangsa. Beliau adalah simbol perjuangan bangsa indonesia yang telah mencetuskan semboyan emansipasi wanita. Beliau gigih memperjuangkan  hak-hak wanita agar setara dengan laki-laki.
Pada saat itu, kebebasan wanita sangat dibatasi. Budaya "patriarki" sangat didewakan pada masa itu dimana menepatkan laki-laki sebagai otoritas utama dan pertama.  Derajad dan kedudukan seorang wanita dianggap rendah dari pada laki-laki. Sehingga perjuangan seorang kartini pun dimulai. Beliau tak lelah memperjuangkan hak-hak para wanita indonesia sehingga sekarang dapat kita rasakan bersama bahwa derajat seorang laki-laki dan perempuan sama.
Sosok kartini massa kini menurutku adalah sosok wanita yang dapat memberikan manfaat bagi orang lain dan juga bangsa Indonesia. Sosok tersebut dapat menginspirasi semua orang agar menjadi pribadi yang lebih baik. Sosok kartini sosok memiliki perencanaan baik jangka pendek maupun jangka panjang dan berfikir terhadap resiko dari rencana yang dibuat.  Selain itu seorang kartini harus berani dan kosisten dalam segala hal terutama dalam membela kebenaran.
Seorang kartini harus bersifat aktif dan kritis. Tidak ada namanya kartini itu pasif dan menunggu serta menerima sesuatu begitu saja. Tapi seorang kartini harus mau menyuarakan pendapat yang yang tidak sesuai dengan pemikiran mereka dan memiliki dasar yang kuat. Selain itu seorang kartini harus pandai mengatur waktu sehingga waktu yang digunakan dapat bermanfaat untuk dirinya sendiri maupun orang lain.

"Habis Gelap terbitlah Terang (RA. Kartini)"

0 komentar:

Posting Komentar